Management proyek indonesia

Mengenal resource sheet pada Microsoft project 2013



Mengenal resource sheet pada Microsoft project 2013, kali ini akan kita bahas secara detail fungsi resource sheet. Seperti pada posting sebelum telah dibahas sedikit mengenai hal ini, dimana pada resource sheet terdapat kolom yang berisi informasi identitas dan besar sumber daya meliputi kolom indicator, resources name, type, material label, initial, group, max unit, dan code. Berikut penjelasan kolom dan penggunaanya dalam operasional proyek anda.

 



kolom Resource Name
Resource Name merupakan nama sumber daya yang digunakan dalam proyek untuk menyelesaikan tugas-tugas. Ketik nama sumber daya anda pada kolom tersebut. Disamping nama, profesi atau fungsi sumber daya dalam proyek yang  dapat digunakan.

Kolom Type
Type merupakan kategori sumber daya. Sumber daya disini dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu
Work, material dan cost. Sumber daya jenis work menyelesaikan tugas berdasarkan fungsi waktu. Sumber daya ini dapat berupa orang maupun peralatan yang bekerja berdasarkan waktu. Sumber daya denga jenis material merupakan bahan penolong dan material yang dibutuhkan dalam tugas yang dinyatakan dalam kuantitas. Sedangkan sumber daya jenis cost biasannya bertipe fixed cost, yaitu sumber daya yang tidak dipengaruhi oleh waktu proyek. Pilih kategori sumber daya dengan menekan tombol dropdown yang terletak di cell sebelah kanan pada resources sheet seperti gambar berikut :



Kolom Material
Material label merupakan label sumber daya kategori material. Label tersebut berupa satuan dari sumber daya yang diperlukan dalam tugas. Satuan untuk computer dan pengkabelan misalnya dinyatakan dalam set.

Kolom Initial
Initial merupakan singkatan dari nama sumber daya. Kepala - K; programmer - P; Networker – N ; computer dan pengkabelan – Kp; dan peralatan kantor – Pk.

Kolom Group
Group merupakan nama kelompok sumber daya. Pengelompokan sumber daya sangat berguna apabila proyek merupakan proyek besar yang melibatkan berbagai macam sumber daya.


Kolom Max. Units
Max. units merupakan jumlah sumber daya maksimal yang tersedia bagi proyek. Sumber daya manusia yang tersedia pada proyek pengembangan system informasi terdiri dari kepala = 1 orang (100%), programmer = 4 orang (400%) dan networker = 2 orang (200%).

Kolom Code
Code digunakan untuk pengkodeaan masing-masing sumber daya sesuai dengan kebutuhan proyek

Kolom Std. rate
Std. rate merupakan biaya standar pemakaian sumber daya, baik itu kategori work maupun material. Pada kategori work nilai default adalah $ per hour sedangkan untuk kategori material adalah $ untuk setiap nilai yang diberikan pada kolom. Jika anda ingin mengubah mata uang dapat dilakukan pada menu option dan pilih Rp seperti gambar berikut:


Kolom Ovt. rate
Ovt. Rate merupakan biaya lembur pemakaian sumber daya selama proyek berjalan.


Kolom Cost /use
Cost /use merupakan biaya per penggunaan suatu sumber daya. Untuk sumber daya kategoari work, biaya tersebut muncul setiap sumber daya dipakai. Untuk sumber daya kategori material biaya tersebut muncul hanya sekali.

Kolom Accure at
Accure at merupakan penetapan jenis pembayaran pada sumber daya. Terdapat tiga jenis cara pembayaran pada kolom tersebut, yaitu
·         Start, pembayaran kepada sumber daya diawal, sebelum sumber daya tersebut digunakan
·         Finis, pembayaran kepada sumber daya diakhir setelah sumber daya tersebut melakukan tugasnya
·         Proprate, pembayaran kepada sumber daya berdasarkan persentase pekerjaan yang telah diselesaikan.




Lokasi: Indonesia

Post a Comment

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget