Management proyek indonesia

Pengelolaan proyek menggunakan Microsoft Project 2013



Pengelolaan proyek menggunakan Microsoft Project 2013, Microsoft Project 2013 merupakan alat pengelolaan proyek yang powerfull, dalam survey software project management diamana Microsoft Project menduduki peringkat pertama sebagai alat bantu pendukung menajemen proyek.  dan berikut tampilan Microsoft Project 2013.

 

Namun demikian alat bantu ini tidak berperan pada keseluruhan fase proyek. Pada fase pelingkupan, fase pengarahan dan fase penutupan, Microsoft project tidak banyak berperan atau bahkan tidak berperan sama sekali dalam Pengelolaan proyek.

Fase perencanaan. Dengan menggunakan Microsoft Project pembuatan outline WBS (Work Breakdown structure) secara mudah dan cepat dapat anda lakukan melalui kolom task name pada table gant chart. Task name merupakan tempat bagi anda untuk menentukan dan memerinci tugas tugas proyek.


Fase perkiraan. Penentuan durasi setiap tugas sesuai kapasitas tim proyek dapat dilakukan dengan memasukkan durasi masing-masing tugas pada kolom duration.

Fase Penjadwalan. Penetapan hubungan antar tugas dapat anda lakukan melalui task information – predecessor. Pada kotak dialog task information – predecessor, anda dapat menetapkan hubungan antara predecessor dengan successor.


Fase pengorganisasian. Pendelegasian tugas dapat anda lakukan melalui fasikitas table resources sheet dan kotak dialog task information – resource
Resources sheet menampung kapasitas maksimal biaya yang melingkupinya. Sedangkan task information – resource melakukan pendelegasian masing-masing sumber daya ke tugas-tugas proyek.


Setelah melakukan pendelegasian, terkadang ada sumber daya yang mengalami over alokasi tugas sehingga tugas tugas tersebut tidak dapat dijalankan tepat waktu. Over alokasi sumber daya dapat diatasi dengan cara leveling. Anda dapat melakukan leveling melalui kotak dialog Level Resources.

Fase pengontrolan. Pengontrolan proyek dapat anda lakukan dengan membandingkan baseline (rencana dasar) dengan kemajuan aktuan proyek. Kemajuan actual proyek dilakukan dengan memasukkannya pada kotak dialog Update Tasks.

Post a Comment

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget