Management proyek indonesia

Baseline manajemen proyek



Baseline manajemen proyek, setelah anda melakukan perencanan terbaik untuk proyek, simpan rencana anda sebagai baseline. Perencanaan terbaik adalah Perencanaan yang berada pada rentang batasan proyek baik dari segi waktu maupun biaya proyek.. baseline digunakan sebagai alat pemandu sekaligus control akan pembangunan proyek baik dari segi ketetapan waktu maupun biaya proyek. Ketidaksesuaian baseline (Perencanaan) dengan perkembangan proyek secara real dapat dipantau sejak dini dan anda dapat melakukan penyesuaian dengan membuat perubahan rencana proyek atau interim plan. Berbeda dengan baseline yang dibuat sebelum proyek berjalan.


Baseline bukanlah file terpisah dalam proyek yang kita rencanakan menggunakan Microsoft project. Ketika anda menyimpan baseline, Microsoft project akan menyalin informasi pada field Perencanaan ke field baseline. Informasi yang tersimpan meliputi informasi tugas dan informasi mengenai sumber daya proyek. Anda dapat menyiapkan 11 baseline pada suatu proyek. Berikut langkah pembuatan baseline dimaksud.

  • Aktifkan tampilan Gantt chart pada tab Project à set Baseline, sehingga muncul tampilan dialog berikut
  •  Pilih set Baseline
  • Pilih Entry project
  • Klik Ok

Untuk menyimpan interm plan dapat anda lakukan sama hal nya dengan menyimpan baseline, hanya saja pilih Set interm plan. Informasi yang disimpan pada interm plan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan baseline. Hanya berupa tanggal mulai dan tanggal berakhirnya suatu proyek. Anda juga dapat menghapus baseline ataupun interm plan ketika rencana tersebut tidak sesuai lagi dengan perkembangan proyek. Berikut langkah menghapus baseline yang tidak relevan dengan kemajuan proyek.

  • Aktifkan tampilan Gantt chart pada tab Project à clear Baseline, sehingga muncul tampilan dialog berikut

  • Pilih Clear Baseline atau clear interm plan
  • Pilih Entry project pada for
  • Klik Ok

Jika anda ingin melihat anggaran proyek, pada tampilan gantt chart silahkan ubah table nya dari nilai default entry menjadi cost untuk melihat lebih kedalam mengenai biaya proyek dengan cara klik pada tab view pilih table cost.
Fixed cost merupakan biaya tetap proyek. Biaya ini tidak dipengaruhi oleh waktu proyek. Sedangkan fixed cost actual merupakan metode pembedaan biaya fixed cost pada pelaporan biaya. Pemantauan anggaran dapat anda lakukan dengan table ini, bandingkan setiap biaya untuk keperluan proyek  (kolom actual) dengan anggarannya (kolom baseline).
Lokasi: Indonesia

Post a Comment

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget