Management proyek indonesia

Manajemen proyek dan rangkaian aktivitas didalamnya



Manajemen proyek dan rangkaian aktivitas didalamnya. Sebelum mempelajari apa itu manajemen proyek, anda terlebih dahulu mempelajari apa itu manajemen proyek. Proyek merupakan rangkaian tugas atau aktivitas yang memiliki suatu tujuan tertentu yang harus diselesaikan sesuai dengan waktu, biaya dan spesifikasi yang telah ditetapkan. Rangkaian tugas / aktivitas memiliki arti urutan dan relasi unit kantar tugas/aktivitas penyusun proyek.



Manajemen proyek adalah pengelolaan suatu proyek yang memcakup proses pelingkupan, perencanaan penyediaan staf, pengorganisasian dan pengontrolan suatu proyek. Menurut Robert K. Wysocki, menajemen proyek yang efektif adalah bagaimana merencanakan, mengelola dan mengantarkan proyek tepat waktu dan dalam rentang anggaran.

Siklus manajemen proyek terdiri dari beberapa fase yang menyerupai fungsi manajemen klasik, fase tersebut meliputi :

  1. Pelingkupan
  2. Perencanaan
  3. Perkiraan
  4. Penjadwalan
  5. Pengorganisasian
  6. Pengarahan
  7. Pengontrolan
  8. Penutupan 




Fase Pelingkupan adalah fase penentuan batas sebuah proyek. Proses negosiasi lingkup pekerjaan proyek mendominasi fase ini. Hasil proses negosisasi lingkup proyek dituangkan dalam sebuah statement of work atau pernyataan kerja.

Fase Perencanaan adalah fase mengidentifikasikan tugas tugas yang terlibat dalam proyek. Merinci tugas menjadi tingkatan-tingkatan tugas ( subtugas). Hasil proses identifikasi tugas adalah work breakdown structure atau struktur rincian tugas.

Fase perkiraan adalah fase perkiraan waktu masing-masing tugas.
Fase Penjadwalan adalah fase menentukan ketergantungan antar tugas yang membangun proyek secara keseluruhan.

Fase pengorganisasian adalah fase menentukan penempatan sumber daya pada masing-masing tugas dan menyeimbangkan (leveling) sumber daya.

Fase pengarahan adalah fase yang dilakukan saat implementasi proyek. Implementasi proyek perlu pengarahan tim akan rencana yang telah disepakati sehingga proyek dapat diselesaikan secara optimal.
Fase pengontrolan adalah fase memonitor dan mengontrol kemajuan proyek, menyampaikan laporan perkembangan proyek dan perubahan proyek.

Fase Penutupan adalah fase menilai hasil akhir proyek dan pemasukan atau pengalaman yang didapat yang berguna bagi proyek-proyek selanjutnya.

Post a Comment

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget